Minggu, 17 April 2011

Bebek Lucu

Bebek ini adalah peranakan entok dan itik. Umurnya baru berkisar 3 bulan.
Pemiliknya bilang, bebek hasil silang pejantan itik dan induknya adalah entok. Saat akan dierami, telur yang tampak adalah telur entok yang berwarna putih dan bulat besar. Juga saat menetas, bebek ini tampak seperti anak-anak entok lainnya, berbadan pendek, lebar dan gerakannya sangat lamban.
semakin besar, tubuhnya lebih menyerupai itik yakni ramping dengan leher lebih panjang. Ketika melihat sepintas, kita akan menyangka bebek ini adalah itik biasa. Tetapi gaya entoknya jadi kelihatan ketika bebek ini berjalan. Lenggak lenggok pantatnya dengan langkah yang super lamban adalah ciri khas entok yang dia miliki. Selain itu, bebek ini juga nyaris tak bersuara. Entok biasanya bersuara dalam (betina) atau berbisik (jantan), sedangkan itik bersuara keras dan parau (betina) atau lembut berirama (jantan).
Keistimewaan bebek ini ada pada bulunya, yang merupakan perpaduan antara entok dan itik. Tubuh langsingnya ditutup dengan bulu berwarna coklat susu yang lebih mengkilap, menyerupai kilap bulu entok. Bulu itik biasanya tidak mengkilap terutama pada betina, kecuali beberapa bagian bulu itik jantan.
Saat ini, bebek tersebut terlihat lebih nyaman berada di tengah saudara entoknya, dibandingkan dengan saudara itiknya. Hal itu disebabkan karena gerakannya yang lamban, sehingga dia sering ditinggal ketika sedang berkumpul dan bermain dengan saudara itiknya.
Walaupun gayanya lebih banyak entok, tetapi si bebek ini juga tetap punya sifat itik. Dia misalnya, sangat telaten menjaga penampilan. Setiap kali sedang beristirahat bersama saudara-saudara entoknya, si bebek punya kesibukan sendiri. Kalau saudara-sudaranya entoknya lebih suka bermalas-malasan, atau kadang hanya berdiri tanpa bergerak sambil merem dan tiduran, maka si bebek sibuk berdandan, menyisiri seluruh bulu-bulunya dengan paruhnya. Ini adalah kebiasaan yang dimiliki itik. Biasanya setiap kali habis makan atau bermain di air, di kala istirahat, itik lebih suka merawat dan menyisiri bulu-bulunya, daripada tidur-tiduran. Sifat rajin ini juga dimiliki si bebek.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar